Arti sebuah nama..

on

Apa Arti sebuah Nama?

Dari seluruh orang Israel Musa memilih orang-orang cakap dan mengangkat mereka menjadi kepala atas bangsa itu, menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang. (Keluaran 18:25)

Apalah arti sebuah nama. Itulah yang dibilang William shakesphere dalam karyanya. Tapi rasanya hal itu ga berlaku deh bagi Tuhan Allah kita. Bagi Dia nama – nama kita sangatlah penting, bahkan Dia mengenal tiap-tiap dari kita dari nama kita, He knows my name. Dan nama sangatlah penting dalam sejarah kepemimpinan bangsa Israel.

“What’s in a name? That which we call a rose by any other word would smell as sweet.” -Shakespeare’s Romeo and Juliet (II, ii, 1-2)

Baru kemaren aku mulai masuk dalam pembacaan kitab Bilangan, dan apa yang membuatku tertarik adalah adanya banyak nama yang mulai bermunculan dan sering disebutkan. Yang aku sering denger sih klo di kitab keluaran dan imamat, nama yang paling sering disebut namanya adalah Musa (karena emang dia yang nulis ni kitab…). Kedua kitab sebelumnya menjelaskan secara detail bagaimana kepemimpinan Musa yang adalah seorang alumnus universitas padang gurun jurusan ledhership embek…alias gembala kambing. Bagaimana dia memimpin bangsa yang tegar tengkuk ini langsung dibawah pimpinan Tuhan, dibantu saudaranya yaitu Harun.

Dan ternyata mengawali kitab bilangan, ada banyak sekali nama yang disebutkan. Dan memang mengapa disebut kitab bilangan, karena di dalam kitab ini jelas sekali terdapat sensus bagi Israel. Dan mulai dari sini, istilah kepemimpinan bukan hanya milik Musa dan Harun, tetapi mulai diemban oleh banyak nama. Dan tiap suku masing-masing memiliki pemimpin mereka.

Inilah nama-nama mereka :

1:5 Dan inilah nama semua orang yang harus mendampingi kamu. Dari suku Ruben: Elizur bin Syedeur;

1:6 dari suku Simeon: Selumiel bin Zurisyadai;

1:7 dari suku Yehuda: Nahason bin Aminadab;

1:8 dari suku Isakhar: Netaneel bin Zuar;

1:9 dari suku Zebulon: Eliab bin Helon;

1:10 dari keturunan Yusuf: Elisama bin Amihud dari suku Efraim, dan Gamaliel bin Pedazur dari suku Manasye;

1:11 dari suku Benyamin: Abidan bin Gideoni;

1:12 dari suku Dan: Ahiezer bin Amisyadai;

1:13 dari suku Asyer: Pagiel bin Okhran;

1:14 dari suku Gad: Elyasaf bin Rehuel;

1:15 dari suku Naftali: Ahira bin Enan.”

1:16 Itulah orang-orang yang dipilih dari umat itu, masing-masing sebagai pemimpin dari suku bapa leluhurnya; mereka inilah kepala-kepala pasukan Israel.

Wah repot banget yah klo disuruh ngapalin satu-satu, bisa botak depan belakang nii rambut. Don’t worry be happy, karena yang mau aku bagiin bukan tentang ngapalin nama-nama itu, Aku sendiri ajah ga hafal. Maybe orang yang kuliah di teologi kale yah yang hafal.

Friends saat aku baca ayat ini, waduh rasanya males banget deh, banyak namanya. Dah kayak baca kamus nama-nama orang. Dan akhirnya aku bacanya yah sambil lalu ajah, ga terlalu disimak apalagi dihafal. Lagian ngapain yah nama-nama ni orang sebegitu banyak dimasukin dalam alkitab. Pantesan ajah alkitab begitu tebel. Pernah coba cari tau ga ada berapa nama-nama orang yang tercatat dalam alkitab, mulai dari Kejadian-Wahyu (kamus n petanya jangan dihutung yah….),jadi penasaran ni,brapa orang yah yang tercatat dalam alkitab, Tanya om goggle ahhh……

Wah ternyata data yang valid mengenai jumlahnya ga ada, maybe karena saking banyaknya yah. Klo yang aku temukan dari wikipedia sih ada sekitar 277 nama tercatat, tetapi itu yang paling sering disebutkan dan bahkan ga semua nama dalam 1 kitab ada semua. Yah itulah manusia, ada keterbatasan.

Tetapi kenapa yah Kok begitu banyak nama dimasukan ke dalam alkitab, mungkin bisa sampai jutaan kali bahkan lebih, apa yang membuat nama begitu pentign di mata Allah, apa yang membuat nama begitu penting bagi sebuah kepemimpinan ?

Seorang pemimpin harus dikenal dan diketahui namanya supaya yang dipimpinnya tau siapa pemimpinnya. Ga lucu donk klo dalam sebuah negara seluruh rakyatnya gat au nama presidennya, atau paling engga nama pemimpin sukunya or pak RT dah. Karena mengenal nama menunjukan bahwa kita kenal dia (walaupun ga karib), menunjukan kepedulian kita (paling engga tau namanya) dan menunjukan kepatuhan terhadap otoritasnya. Makanya setiap pemimpin haruslah memiliki nama yang jelas, bukan hanya nama panggilan dan akan ada sebuah tanggung jawab yang besar setelah namanya dikenal… So jangan maen-maen klo nama kamu dah dikenal sebagai pemimpin.

Nama memudahkan untuk menyampaikan perintah dari atas ke bawah. Bayangin klo Musa ga tau nama-nama kedua belas pemimpin suku itu, walaupun Cuma kenal muka doank, wah bisa-bisa tak sampai tuk perintah Tuhan Allah kepada bangsa Israel. Bisa-bisa ada salah informasi. Selain itu nama juga mennjukan kedekatan antara musa dengan mereka. Dan sebuah kepemimpinan yang baik adalah mengayomi bukan memerintah. Ga jamannya deh klo bos itu nge”Bossy” bawahannya.

Nama membuat seseorang menjadi berharga dan tercatat dalam sejarah. Percaya ga percaya, kalo nama seseorang terukir dalam sebuah tugu peringatan atau bahkan tertulis dalam sebuah buku yang dibaca oleh milyaran umat Tuhan diseluru dunia bagaimana berharganya dia. Dengan kata lain nama berfungsi sebagai catatan atas apa yang telah orang itu perbuat. So coba banyangi padahal dulu ga ada kepikiran klo nama kita bakalan dibaca dan bahkan dinamain untuk nama anak seseorang.Wuihhhh bangga banget tuh….. Dan suatu kehormatan dan suatu yang sangat berharga banget klo Tuhan mempersilahkan nama kita tercatat dalam alkitabNya…mantab….

Dan yang terakhir aku dapatkan mengenai arti sebuah nama adalah, salah satu bentuk kasih Tuhan yang terbesar adalah dengan menyebut nama Kita. Bagiku adalah suatu sukacita yang besar kalo seseorang hafal bahkan memanggil namaku dengan benar. Itu adalah salah satu wujud kasih. Dan Tuhan melakukan itu, ga peduli ada bermilyaran bahkan tak terhingga nama di bumi ini, tetapi Tuhan kenal satu persatu nama itu. Bukan hanya hafal tetapi kenal betul. Ini si Tian yang mana juga dia pasti tau betul. Coba gimana ga berharga banget diri kita. Dan you know guys, pada akhir zaman nanti, yang namanya tertulis dalam kitab kehidupanlah yang akan bersama-sama dengan Dia dalam kehidupan kekal…..wowww…..

Wahyu  3:5 Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.

Lagi-lagi mengenai nama disebut….

So aku sangat yakin klo nama dari masing-masing kita sangat berarti dan berharga bagi kita. Klo Tuhan aja mengangagp itu sesuatu yang sangat berharga, masa kita yang punya nama itu ga bangga sih sama nama kita sendiri. Yuks sama-sama kita menyadari klo nama adalah sesuatu yang benar-benar berarti.

Dan taukah kamu kenapa Tuhan begitu ingin mengenal kita dan bahkan mencatat nama kita, karena Selain Tuhan sangat mengasihi kita, dia mau kita semua menjadi seorang pemimpin yang namanya tercatat, at least paling engga jadi pemimpin bagi diri sendiri. Karena kita udah punya kuasa lho tuk jadi pemimpin, dan walaupun ada yang bilang klo jiwa kepemimpinan itu didapat dengan belajar dan belajar, tetapio ada bagian juga klo jiwa kepemimpinan itu diturunkan melalui keturuan.

So klo Bapa kita di surga adalah seorang pemimpin yang sangat berwibawa dan bijaksana, masa kita sebagai anaknya engga…… So mulailah menyadari klo kita semua adalah pemimpin, dan mulai memiliki sikap yang dewasa dan bijaksana, karena Kerajaan Allah itu adalah bagian kita lho….

So Be prepared……

By : Tian_Godsarmy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s