Calm Down Friends..

on

Calm Down Friends

I Petrus 4:7

Jadilah tenang supaya kamu dapat berdoa….

Ayat yang sudah ga asing lagi aku pelajari dan baca. Bahkan ini adalah ayat penguat saat emosi sedang meluap-meluap. Tuhan sekali lagi mengingatkanku tentang ayat ini di saat yang tak terduga friends. Saat lagi refresh abis ujian, dengan berenang….sendiri pula….

Mo tau ceritanya….

Yuph jadi hari jumat adalah hari terakhir ujian, n its realy make me bored. So gw putuskan untuk take a rest plus refresh abis melalui semua ujian yang lumayan menguras tenaga itu. Tadinya mau langsung nyebur ke kolam renang tuk mendinginkan kepala, but ternyata harus diundur sampe besoknya.

So jadilah gw berenang hari sabtu, ngajak temen-temen ga ada yang bisa, so akhirnya sendirian deh. Tapi gw yakin bukan kebetulan gw sendirian, cos tenyata dari hal itu gw dapet banyak hal, selain seputar berenang yah..hehehehehe…..

Klo gw ceritain kronologis tentang berenang,,,wuiihhh bisa lama neng, gw berenang selama 4 jam n banyak hal-hal menarik dah…so mendingan langsung aja apa yang gw dapet yax, n I know klo ternyata Tuhan “nemenin” gw berenang lho…mantab….

1. Ketenangan akan sangat penting klo di dalam air.

Gw sangat merasakan pentingnya ketenangan, apalagi dalam air. Nervous or ga focus dikit aja bisa bikin tenggelam. Hal ini gw rasain banget saat lagi bereang n focus pikiran kemana-mana, gerakan jadi ga teratrur, n yang terpenting tuh nafas jadi ga teratur. Bisa-bisa tenggelam n mateho dah….. untung ga, cos Tuhan kan “nemenin”. N then apa yang gw dapat setelah gw membuat diri gw tenang, gw bisa berenang dari ujung ke ujung tanpa harus tenggelam n kelelahan…..

2. Harus buka mata supaya kelihatan arah yang kita tuju.

Kebanyakan orang yang gw tau klo berenang pasti pake kacamata renang baru melek, klo ga pake pasti deh merem, dengan alasan takut kemasukan aer yang ada kaporit n bikin mata perih. Tapi ada konsekuensinya guys, orang yang berenang dengan mata tertutup emang c matanya ga perih kena kaporit tapi pasti deh berenangnya mencang-mencong n walaupun nyampe tujuan butuh waktu yang lama dan jalurnya ga lurus.

Wahhh… Tuhan kita Tuhan yang hebat yah, bisa menyampaikan sesuatu dari hal-hal simple kayak gitu…salut deh…salut….. dan ternyata pas dapet ini ayat, 1 petrus 4:7, kok bisa pas banget yah sama yang gw alami dan dapatkan….padahal ga ada keinginan buat PA di kolam renang lho…kok bisa yah..hahahahaha….

1 Petrus 4:7 bilang gini :

” Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.”

So apa yang menjadi kesamaan dengan pengalamanku di atas yah????

Yang aku pelajari begini,

Mengenai masalah ketenangan, pernah denger kan pastinya kalimat yang bilang “Doa adalah nafas hidup orang Kristen” dan itu ternyata sangat berhubungan. Kok bisa yah…

Mengenai bernafas, percaya deh klo orang yang lagi cemas, takut or dalam masalah, pokoknya yang ga tenang deh pasti nafasnya cepet, ga teratur, ga bisa nikmatin yang namanya bernafas, cepet cape, de el el…. ini udah terbukti secara medis lho, karena seseorang yang underpressure kondisi badan jadi ga normal, lebih cepat, peredaran darah dan detak jantung, nah ini yang mengakibatkan bernafas jadi susah. (bayangkan hal-hal ini terjadi klo kalian lagi dalam air…..BAHAYA!!!!)

Dan bagi saya, sama halnya dengan doa yang menjadi nafas dan kekuatan kita dalam menjalai hari. Aku pernah ngerasain klo saat lagi banyak masalah, lagi takut, pokoknya lagi underpreasure dan ga tenang deh, tetep doa tapi doanya jadi ga karuan, ga focus, cepet-cepet, ga nikmatin doa itu, dan lama-lama kita jadi cape untuk berdoa….bener ga….

Dan bayankan klo kita lagi di dalam “air”, maksudnya dalam masalah yang besar yang siap meneggelamkan kita…. untuk itulah ketenangan dibutuhkan.

Yang kedua mengenai Tujuan, kenapa sih harus bertujuan. Klo dari ayat diatas ketenangan bertujuan supaya kita dapat berdoa, trus apa donk tujuan kita berdoa…supaya dapet ketenangan…betul (heheheh…ntu mah bolak-balik aja…). Coba perhatiin aya diatas. Di bilang Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. So maksudnya tujuan dari kita berdoa adalah supaya kita memiliki pengharapan yang pasti bahwa kesudahan segala sesuatu itu adalah awal dari segalanya. Kita memiliki keyakinan bahwa walaupun semuanya runtuh, walaupun bumi berakhir kita tetap memiliki ALLAh yang ga akan pernah berakhir, kekal dan akan mengajak kita tuk datang kepadaNya. Itulah tujuan dari doa..

So guys, banyak yang mau aku bagiin dari apa yang aku dapat selama kurang lebih 4 jam berenang itu. Dan aku percaya masih banyak hal yang Tuhan mau “bisikin” ke aku melalui hal-hal tak terduga bahkan hal-hal simple sekalipun… So be ready guys, coz Tuhan yang “ngebisikin” aku adalah Tuhan yang sama seperti kalian sembah…. jadi pasti deh kalian akan “dibisikin” juga… jadi sabar dan bersiap yax…

Dan aku mau bilang klo kalian excited ma Tuhan, pasti kalian akan melihat ke-Excited-an Tuhan dalam menjaga dan memelihara kalian, terlebih mengungkapkan hal-hal dashyat bagi kalian kok.. yang penting HARGAI SAAT-SAAT KALIAN BERDUAAN DENGAN DIA…..itu akan sangat berpengaruh banget….. So met berduaan sama Tuhan…yang romantis yah… GBU all…..

One Comment Add yours

  1. teman says:

    ayat itu juga punya arti tersendiri buat saya..

    to the point aja, entah itu serangan jantung atau penyakit apa saya tidak tahu yang jelas pagi itu denyut jantung tiba2 melemah dan sangat sulit sekali bernafas.dalam keadaan semakin menurun saya dibawa kerumah sakit,dan dalam perjalanan tiba2 badan kaku,tidak membeku tapi kaku,pikiran panik,mungkin ini tiba saatnya buat saya pergi dari dunia ini.sulit sekali untuk tenang dalam keadaan panik seperti itu.dalam pelukan ibu saya dan tanpa melawan hal yg sedang saya alami saya coba tenang dan berdoa.entah pingsan atau tertidur saya tidak tau,saya sampai dirumah sakit.diberi oksigen dan dinyatakan sinusitis.

    serangan keduapun saya masi panik, semua orang telah berangkat kerja dan saya seorang diri, saya benar2 mengandalkan Yesus saat itu, seperti mau mati rasanya.saya pegang denyut nadi tangan saya,hanya berdetak sekali dalam 3 – 5 detik,saya langsung minum obat yg diberikan tetangga saya.saya taruh obat itu dibawah lidah, merebahkan diri ditempat tidur,mencoba tenang dan berdoa.Nafas ini milik Tuhan hanya itu yg saya doakan.

    Dalam keadaan sehat seperti ini memang gampang sekali tuk menenangkan pikiran dan berdoa,tp dalam situasi tertentu kadang tidak seperti yg kita bayangkan,takut,panik,teringat dosa2 yg kita lakukan semua tercampur aduk dalam pikiran dan hal itu membuat kita tidak tau apa yg harus kita lakukan..

    menurut ibu saya, yang saya alami itu sakit jantung.stres rasanya divonis demikian,karena saya masi muda dan punya penyakit jantung.
    saat sehat sering berbuat dosa, bahkan setelah serang pertama dan keduapun saya masi berbuat dosa.saya berusaha tuk memperbaiki hubungan dengan Tuhan.

    Menghadapi serangan itu membuat saya berpikir…kapanpun saya bisa mati tiba2.betapa takutnya saya mengahadapi hal itu,takut kalo Tuhan menolak dan membuang saya ke neraka.

    saya perokok keras tp yg lebih mengerikan dosa seksual yang saya lakukan. saat saya menuliskan hal ini,saya memutuskan tuk berhenti dari percabulan dan coba hidup dalam Kebenaran Firman Tuhan kembali,untuk rokok saya sudah mengurangi.

    Saya bersukur atas penyakit yg saya alami sekrang ini,karena waktu sehat saya sangat mengecewakan hati Tuhan, Hal ini di ijinkan Tuhan terjadi dalam hidup saya karena Tuhan mengasihi saya.

    saya juga minta dukungan doanya bagi yg membaca tulisan saya ini.saya mau hidup dalam kebenaran dan kehendak Tuhan.Thanks.my Jesus Bless us…

Leave a Reply

