Headline News !!!

Siang ini aku terkejut dengan sebuah berita di salah satu stasiun tivi swasta. Rasa haru langsung mengalir di sekujur tubuhku, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Betapa tidak, baru saja kunyalakan televisi, ternyata ada berita mengenai pengorbanan seorang ibu untuk anak yang dikasihinya. Ibu ini memberikan hatinya untuk anaknya yang sedang sakit. Yah, hati dalam arti sesungguhnya, organ hati milik si ibu akan ditransplasikan supaya anaknya dapat hidup. Sungguh mengharukan.

Kisah pengorbanan seorang ibu terhadap anak yang dikasihinya sering sekali aku baca baik melalui media cetak maupun melalui media elektronik, tapi seringnya itu terjadi di luar sana, di luar negeri, bukan di negeri ini. Dan kali ini, aku melihat dan mendengar, bahkan melihat wajah si ibu dan anakna melalui tayangan televisi. Ketegaran seorang ibu yang bersedia mendonorkan hatinya, apapun resikonya, untuk kelangsungan hidup anaknya. Bukan hanya memberikan hati secara kiasan, tetapi sesungguhnya mendonorkan organ hatinya untuk anaknya.

Sepertinya Indonesia yang kita kenal melalui wajah Koran kriminal ibukota yang terbit setiap pagi sedikit mendapatkan sentuhan kasih. Dimana ada sedikit kasih dan kisah yang menyentuh, bukan lagi berita mengenai kekerasan rumah tangga tetapi kisah mengenai kelembutan hati sayng ibu untuk memberikan hatinya. Ternyata masih ada kasih seperti, kasih yang nyata, kasih yang berkorban, sebuah hati untuk buah hati.

Inilah kasih storge itu, kasih yang terjadi karena ikatan yang sangat kuat antara ibu dan anak. Ketimbang menyelamatkan dirinya sendiri, sang ibu lebih memilih untuk membahayaka dirinya sendiri untuk menyelamatkan buah hatinya. Secercah hati untuk sebuah pengharapan. Kasih yang mau berkorban untuk buah hatinya.

Tetapi akankah hal serupa akan dilakukan seorang ibu/ayah, saat menyadari bahwa yang hendak ditolongnya adalah seorang anak angkat, yang lahir bukan dari perut sang ibu, yang sama sekali tidak ada kemiripan di wajah anak itu. Entah anak siapa, yang pasti anak itu ada dalam pelukannya dan harus segera ditolong. Mungkinkah Koran besok akan tercetak headline berita mengenai seorang ibu yang memberikan hatinya untuk anak yang bukan anaknya ??

Kadang ungkapan kasih harus sejalan dengan pembuktian kasih. Satu hal yang kupelajari dari kasih yang lebih tinggi tingkatannya dari kasih Storge, adalah alasan mengasihi karena ingin mengasihi. Tanpa ada alasan lain, kenal atau tidak kenal, suka atau tidak suka, siapapun dan bagaimanapun itu, kasih itu tetap dinyatakan. Inilah kasih agape. Kasih dari Yesus yang adalah kasih itu sendiri.

Aku bukanlah anakNya, hanyalah anak angkatNya. Karena anakNya yang sesungguhnya telah aku salibkan, yah, Yesus yang aku salibkan. AnakNya yang sesungguhnya telah dikorbankan untuk menyelamatkan aku, manusia yang seringkali membuat dia kecewa, seringkali jatuh dalam dosa, seringkali membuat dia menangis, dan seringkali meragukan kasihNya. Anaknya yang sesungguhnya telah menderita dihina, disiksa, diludahi, dibuat sedemikian hina, dan akhir dari drama penyiksaan itu adalah berujung pada penyaliban. Tetapi kasih tetaplah kasih, dan Yesus menyatakan kasih itu, supaya setiap orang yang percaya diselamatkan, supaya aku menjadi anakNya, supaya aku tersadar akan kekuatan kasih itu. Kekuatan pengorbanan itu.

Mungkin di Indonesia, atau bahkan di dunia ini nggak ada headline Koran yang berjudul “seorang orang tua rela mati untuk anak angkatnya”, tapi aku rasa headline itu selalu muncul di Koran surga setiap hari dan setiap waktu. Karena alasan Dia mengasihi kita adalah karena Dia mengasihi kita.

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yohanes 3:16)

-Itulah tulisan Headline Koran sorga pagi ini –

Be Blessed,

Oleh KSW_Foscommunity

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s