Tidak ada kata terlambat

ImageSeorang bijak pernah berkata kepadaku, bahwa sesungguhnya tidak ada kata terlambat di hidup ini. Keterlambatan adalah proses yang tertunda. Keterlambatan adalah niat yang belum terlaksana. Keterlambatan adalah cinta yang belum terkatakan.

Lantas, jika tidak ada kata terlambat, mengapa banyak orang merasa menyesal melawati proses hidupnya dengan bermain-main sehingga umur sudah melewati setengah abad tanpa prestasi berarti terukir ?

Lalu bagaimana dengan sebagian kita yang menyadari bahwa waktu tidak bisa diulang untuk mengubah keterlambatan itu, terlambat untuk menikmati bangku kuliah dan sekolah tepat pada waktu yang ditentukan, terlambat mengambil keputusan untuk bekerja dan berkarya, terlambat untuk mengubah pola pikir bahwa hidup ini adalah perjuangan bukan sekedar kesenangan ?

Tidak ada kata terlambat dalam menuntut ilmu, lantas mengapakah seorang mahasiswa yang terlambat datang masuk ke kelas karena suatu hal seringkali tidak boleh masuk kelas bahkan mendapatkan hukuman? Bukanya tidak ada kata terlambat yah dalam menuntut ilmu?

Seorang berlari tergopoh-gopoh memasuki pintu dan segera menuju lift ke lantai 12, penuh keringat dan kelihatan cemas dan lelah, menanti keputusan apakah dia akan tetap bekerja di kantor itu karena keterlambatannya yang kesekian kali. Selalu ada kata terlambat bagi dirinya. Selalu ada alasan untuk terlambat bagi dirinya.

Seorang duduk terpaku memandang diam seribu pertanyaan menatap layar penuh pixel di smartphonenya dengan sedih, kecewa dan layu melihat wajah yang ada di smartphonenya tidak akan mungkin menjadi kekasihnya karena terlambat menyatakan cinta, kini dia milik yang lain. Yang lainnya duduk terpaku menatap layar laptop sembari memainkan kasar mouse dengan tangannya, membuka halaman page, facebook dan blog yang bertuliskan sebuah nama, untuk menyadari bahwa sesungguhnya dialah orang yang tepat dan yang selalu ada di tiap doa-doanya walaupun doa tanpa nama, terlambat untuk mengenal lebih lagi sosok yang ada di layar itu, terlambat untuk menumbuhkan rasa sayang di hatinya, terlambat untuk memanfaat waktu yang ada bahkan jika mungkin menghentikannya. Bukankah tidak ada kata terlambat dalam hidup?

Sesungguhnya memang tidak ada kata terlambat dalam hidup, yang berbahaya adalah saat kita terlambat untuk menyadari bahwa kita telah terlambat untuk sadar bahwa keterlambatan memiliki konsekuensi yang mungkin akan membuat kita menyesal seumur hidup. Terlambat menyadari apa yang sesungguhnya penting untuk diri kita, terlambat menyadari apa yang sesungguhnya terpenting untuk hati kita, terlambat menyadari apa yang terpenting untuk hidup kita.

Jadi apakah tidak ada kata terlambat dalam hidup?

 

090213_Tian_ksw

16 Comments Add yours

  1. ary prastiya says:

    lebih baik terlambat daripada tdak sma sekali

  2. Kuroi Kidz says:

    sangat memotivasi gan, nice…

  3. Moersalin says:

    Super sekali gan (y)

  4. rizky says:

    betul tuh ^_^

  5. Ade Putra says:

    artikel yang sangat bermanfaat..
    izin bookmark gan

    1. Tian says:

      silahkan gan.. thanks sudah mampir gan

  6. Memang Selalu tidak ada kata terlambat

    1. Tian says:

      setujuu bang.. thanks sudah mampir yah

  7. Artikel sangat berbobot, saya menyukainya..

    1. Tian says:

      thanks mas sudah sudi mampir…

  8. NIce blog.
    Bookmarked🙂

    1. Tian says:

      trims mas sudah mampir, doakan selalu bs menulis..m

  9. atep says:

    nice blognya gan (y)

  10. Regian says:

    Ada kata yg lbih memotivasi….tidak ada kata gagal…adanya belum berhasil (y) nice post😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s