ILoveRun

Mimpi Sejuta Kilometer

IMG_0789Sore ini sebelum start lari, saya buka tweetnya @indorunner dulu, tadinya pingin ikutan Thursday night run-nya, Cuma berhubung agak mepet jadilah saya BKT mania lagi sendiri. Ada yg unik di twetnya, karena lagi ngehastag tentang mimpi lari. Wah keren banget sih ini. Dan banyak yg jawab macem-macem, ada yang pengen lari trail di rinjani lah, ada yang pengen ikutan boston marathon lah, ada yang pengen lari di bromo, pokoknya macem-macem dah impiannya. Unik-unik banget.

Jadi mau ngeshare mimpi saya seputaran lari. Mmmmm… apaan yah? Trial running? Bromo? Lari di pantai? Or ikutan event lari internasional? Nope. Mimpi saya sederhana sih pengen bisa dapet min 10k setiap saya lari. Mimpi saya ini saya kasih judul “Mimpi Sejuta Kilometer”.

Mimpi sejuta kilometer, mimpi untuk bisa berlari sejauh-jauhnya, sebanyak-banyaknya km dan dimanapun saya lagi traveling. Entah itu lagi travel ke pantai, gunung atau bahkan gurun sekalipun pengennya nyari trak buat larinya dan lari deh disitu.

Alasannya sederhana sih, pingin lari sejuta kilometer buat membuktikan kepada diri sendiri bahwa si perut buncit yang kerjaannya tidur plus suka malas-malasan ini mampu memotivasi diri dan berlari sejauh-jauhnya.

Sejuta angka yang cukup banyak sih, butuh brapa tahun yah? Wah kurang tau juga saya, yang jelas saya pengen punya mimpi yang terukur, artinya bisa diukur dan dievaluasi keberhasilan saya bermimpi. Ngak mau muluk-muluk dan ga mau Cuma sekedar mimpi di siang bolong doank. Yang jelas sejuta itu harus bisa dibuktikan secara konkret. Caranya? Simple… Mulai lari sekarang juga, rutin dan buat target tiap harinya. Target saya pinginnya sekali lari dapet 10K. Tapi belom kesampaian nih runner, pernah sekali dapet 10K tapi itu ngos-ngosannya minta ampun. Tapi tetap nggak boleh nyerah sih, karena mimpi adalah kunci katanya..ehhehehehe…

Pokoknya untuk memulai “Mimpi Sejuta Kilometer” saya harus mulai dari setiap kilometer yang saya tapaki dan jalani dengan berlari. Karena saya yakin mimpi saya harus lebih besar dari pada perut saya yang buncit. Motivasi saya harus lebih besar dari badan saya. Lari 10K/hari pasti sangat mungkin…

So “Mimpi Sejuta Kilometer” sangat sangat mungkin.. It is Possible… Im Possible… You are possible… Selamat Lari dan bermimpi…

Tian_ksw_180713

—————————————————————————————————-

Niat lari, Lari itu niat

IMG_0882Harus berawal dari niat dulu sih emang, baru bisa muncul itu semangat. Niat saya adalah rutin lari setiap sore, selama masih bisa lari sore karena sedang menunggu pekerjaan. Niat saya lari minimal 3k, niat saya lari untuk hidup sehat.

Tapi sore ini niatnya kurang kenceng, gegara tidur siang sebentar eh nggak taunya kebablasan sampe sore, bangun-bangun udah lemes badan, dan bawaannya pengen ngelanjut tidur sampe malem. Dengan sedikit motivasi akhirnya niatan saya bangkit dah. Ganti baju, siapin perlengkapan lari, pake sepatu dan set music plus nike + buat ngeliat progress. Pokoknya harus dapet min 3k hari ini.

Eh ternyatabaru mulai jogging-jogging kecil, temen telpun, ngajakin buka bareng, dan dia udahan jalan. Wuaduh, belom juga lari masa iya pulang lagi, apa kata pintu rumah nanti…hahahha… Akhirnya diniatin lari deh, walaupun agak tergesa-gesa dan jadilah Cuma dapet 1,86k. Satu puteran BKT, dan pulang.

Niat tinggal niat,hahahha… yang penting lari deh. Tapi memang bukan Cuma lari ajah yang perlu niat, kayaknya segala sesuatu harus dibangun dengan pondasi yang kuat sih. Kalau Cuma niat ajah sebagai pondasi rasa-rasanya agak kurang. Paling engga butuh3 pondasi, pertama niat, motivasi plus komitment. Nah itu baru kuat. Dengan pondasi ketiga hal itu, yah saya dapat cukup rutin berlari hamper setiap hari selama sebulanan ini. Sudah sekitar 19 kali saya menjalani niatan buat lari dan sudah dapat kira-kira 70-an kilometer yang tercata di nike +.

So intinya dalam melakukan segala hal, termasuk lari, fitness, diet ataupun mau menggebet pujaan hati, landasi dengan 3 pondasi biar kuat. Niat saja belum cukup, jadi harus dibarengin sama Motivasi dan komitmen. Dan bungkus smuanya itu dengan doa dan kesetiaan. Jadilah sepaket semangat yang akan selalu ada dan bertumbuh setiap harinya.

Mari lari…. ILoveRun !!!

Tian_ksw_170713

————————————————————————————————–

Hidup sehat? Ayoo lariii !!!!

IMG_0842Belakangan semenjak sepeda lagi di opname gegara rimsnya peyang, saya menemukan workout baru, yang simple tapi cukup powerfull. Simple karena bisa dilakukan dimana saja kapan saja dan sangat murah bahkan gratis, powerfull karena ternyata cukup menguras keringat dan terbukti mampu menurunkan berat badan lho.. Trust me its work!! Hahaha…

Yap, saya lagi ketagihan yang namanya lari, eitss tapi bukan lari dari kenyataan lho, apalagi kawin lari..hehe… Awalnya diajakin temen untuk lari gara-gara dia baru beli running shoes, yang sayang klo nggak dipake buat lari, kedua karena melihat perut yang semakin membuncit ini, ketiga karena memang lagi trend belakangan ini.

Sebenarnya udah dari dulu sih trenya lari, tapi belakangan baru diekspos ajah. Coba tengok event-event yang belakangan ini sering digelar hari minggu pagi, yap event lari marathon. Sebut saja HeloFit 5k dan 10k, milo run, Allianz beginner runner, adidas KOTR (king Of the Road), dan masih banyak lagi. Dan tentunya event dunia yang sempet membuat geger media karena terorisme dan bom di dalamnya adalh boston marathon.

Terlepas dari itu, sejujurnya lari atau jogging itu bikin ketagihan loh… Serius, setelah lari/jogging untuk pertama kalinya, walaupun cape, kaki pegel, napas ngos-ngosan, kepala pusing, tapi besokannya pingin lari lagi. Ada beberapa hal yang membuat saya termtivasi untuk lari lagi dan lagi :

Pertama, lari bisa dijadikan olahraga yang bisa dilakukan kapan aja dan dimana ajah, simple karena di tempat saya ada jogging trek yang udah disediakan sama pemerintah yang sangat sayang klo nggak digunain, yak BKT alias Banjir kanal Timur. Sayang kan ada fasilitas tapi nggak digunain. Mubazir men.

Kedua, Lari adalah bentuk pelampiasan yang sangat ampuh. Pelampiasan dari apa? Apapun dah, galau-galau mode, atau pelampiasan karena makan berlebihan, pelampiasan abis nonton film action, atau pelampiasan klo lagi kesel sama orang. Lari deh, dijamin kenyataan akan lupa sejenak..hahahha.. mungkin inilah asal muasal ada istilah “lari dari kenyataan” kli yah.

Ketiga, dengan lari saya bisa mengukur kemampuan diri saya dan termotivasi untuk mengalahkan diri sendiri. Caranya? Klo kalian punya smartphone, download deh aplikasi semaca endomondo atau nike+ untuk mengukur seberapa jauh, cepat dan kuat kita berlari. Sesuhngguhnya ini motivasi terbesar saya lari, karena hasil lari saya ada historynya, bisa dipublish di socmed (narsis.com) plus kita bisa menset target untuk mengalahkan timestamp kita sendiri di lari yang berikutnya.

Keempat atau yang terakhir, adalah perut buncit kebanggaan ini semakin buncit dan membuncit. Karena sesuatu yang berlebihan kan nggak baik, makanya harus dikurang-kurangi ini perut buncitnya..hehhe…

Terlepas keempat motivasi itu, hidup sehat adalah hak dan kewajiban kita. Karena kita bisa kok memulai pola hidup sehat dengan segala hal. Ga perlu repot cari referensi sana sini, simple ajah, olahraga sesering mungkin. Karena ga bisa dipungkiri dunia di sekitar kita sudah mulai tidak sehat. Polusi dimana-mana, junk food dimana-mana, obesitas di mana-mana, penyakit dimana-mana. Pokoknya ga sehat deh.

Nah satu hal yang saya suka dari lari adalah saat saya mencoba mempush kemampuan diri sendiri, tetap berlari walaupun lelah dan berusaha terus termotivasi dan menjadi motivasi orang untuk hidup sehat. Cmon guys, berlari itu sehat kok, cape sih tapi serius deh hasilnya top banget. Dan bikin nagih loh… Saking ketagihannya klo satu hari nggak lari aja stamina berasa drop dan badan jadi anget.

Nah bagi yang termotivasi untuk lari dan mungkin butuh temen lari, saya ready to go aja buat nemenim di BKT pondok kopi, tempat yang enak dengan pemandangan yang lumayan yahud sih…

Siap lari? Ready set goo…. Mari kita Lari….

I Love RUN !!!

Tian_ksw_160713

4 Comments Add yours

  1. noname says:

    Hai fellow runner🙂 nanya dong, lari di BKT pd kopi enaknya jam brpa ya? Takutnya banyak asep mobil😦 terus gosipnya bnyak sampah numpuk ya?
    Saya biasa lari di depok. Skrg ud lulus kuliah, balik ke rumah lg. Tp belum paham medan. Skalian sambil nunggu panggilan kerja, hihihi, skalian ngecilin badan. Mohon pencerahannya. Thanks yaa

    1. Tian says:

      Lohaa runner, saya biasanya sih sore… klo dolo enak masih sepi, tapi sekarang udahan agak rame, banyak yg jualan juga, banyak yg men bola… paling enak spotnya yg di buara, BKT sebelum Mcdi buara, masih sepi…

      selamat lari…

  2. johny says:

    It doesn’t matter how far n how fast..as long as you don’t stop, nothing impossible. Keep running bro!! #MariLari #TempoRunner

    1. Tian says:

      hahahha…. sigaaap broh.. ayolah running…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s